Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Statistika Bagi Fresh Graduate

Pembahasan mengenai prospek kerja statistika berikut ini mungkin bisa Anda jadikan referensi saat ingin menentukan jurusan atau setelah menyelesaikan pendidikan kuliah. Apabila memiliki ketertarikan tentang pengolahan data maka tak ada salahnya untuk mengambil program studi satu ini.

Beberapa Prospek Kerja Statistika Untuk Fresh Graduate

Statistika merupakan yang mempelajari tentang berbagai macam pengolahan data dan hampir mirip seperti ilmu matematika. Spesifiknya, bidang ini berfokus pada mengumpulkan, melakukan analisis hingga mencari sebuah data yang nantinya diolah menjadi informasi. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Statistika

1. Market Researcher

Apabila Anda memiliki ketertarikan akan dengan kegiatan analisis data dan menyukai tantangan baru, maka profesi Market Researcher cocok untuk diambil. Tugas dari pekerjaan ini ialah menganalisis serta mengumpulkan informasi guna membantu klien dalam mengambil keputusan sosial, politik dan lainnya.

Kegiatan yang paling dekat dengan pekerjaan ini adalah melakukan sebuah penelitian terhadap pasar berdasarkan kualitatif ataupun kuantitatif. Aktivitas tersebut memiliki tujuan yaitu berbeda-beda, tergantung pada metodenya. Ada yang hasilnya bersifat lebih cepat serta ada pula prosesnya lama.

2. Business Analyst

Peluang kerja berikutnya yang mungkin bisa Anda ambil jika sudah menyelesaikan pendidikan kuliah program studi statistika adalah Business Analyst. Tugas utama dari pekerjaan ini ialah melakukan sebuah kegiatan yaitu analisis terhadap aktivitas pasar guna membuat target bisnis dan mencapai goal.

Berprofesi sebagai Business Analyst, Anda akan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam hal dokumentasi, manajemen planning, memahami teknis hingga berkolaborasi dengan tim dan organisasi. Selain itu, masih banyak tugas penting lainnya dan salah satunya yaitu mengikuti perkembangan tren.

3. Ahli Ekonomi

Jika Anda memiliki keresahan akan perkembangan ekonomi negara ataupun suatu daerah hingga sebuah perusahaan, maka prospek kerja statistika berikutnya akan sangat cocok. Berprofesi sebagai ahli ekonomi, maka secara tidak langsung berperan dalam kemajuan serta kesejahteraan kelompok.

Tugas dari seorang ahli ekonomi ialah menganalisis dan mengumpulkan data hingga meneliti sebuah tren guna menyelesaikan permasalahan mengenai perekonomian. Profesi ini menuntut Anda memiliki kemampuan dalam forecasting atau peramalan melalui analisis data yang nantikan dijadikan solusi.

4. Biometrician

Profesi Biometrician atau ahli biometrik mungkin belum sepopuler pekerjaan lainnya. Dalam bidang ini pada dasarnya gabungan antara ilmu matematika dengan biologi. Tugasnya adalah memberikan sebuah saran kepada seseorang atau klien guna mengatasi masalah mengenai kesehatan atau biologi.

Jika Anda bekerja disebuah perusahaan, maka tugasnya adalah melakukan analisis terhadap produk guna menemukan manfaat serta efek sampingnya berdasarkan data. Oleh sebab itu, para pekerjanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengolah data serta menganalisis sesuatu secara detail.

5. Mudlogger

Pada dasarnya, bekerja disebuah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan dan minyak atau sebutan lainnya Mudlogger tidak hanya bisa dirasakan oleh para lulusan geologi saja. Sebagai alumni dari program studi ilmu statistika, Anda pun memiliki kesempatan untuk dapat menjadi bagian industri.

Peran Mudlogger bisa dikatakan cukup penting dalam proses pengeboran minyak dan gas dengan memanfaatkan sebuah data yang bersumber dari kumpulan informasi. Tugas lain dari pekerjaan ini adalah mengawasi, mencatat seluruh aktivitas hingga memberikan sebuah informasi kepada tim.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja statistika. Selain penjelasan pekerjaan diatas, masih ada banyak lagi jenis profesinya yang tersedia diluar sana dan siap menampung Anda sebagai lulusan program studi ilmu statistika. Jadi, tetap semangat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Statistika Bagi Fresh Graduate"