Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur dan Tidak Layu

Cara merawat tanaman hias agar tumbuh subur dan tidak layu merupakan suatu hal yang susah-susah gampang. Untuk Kamu yang gemar merawat tanaman namun tiba-tiba tanaman menjadi layu pasti suatu hal yang menyebalkan. Supaya hal ini tidak terulang lagi, sebaiknya kamu melakukan evaluasi terhadap caramu dalam merawat tanaman. Mungkin saja kamu terdapat kesalahan dalam merawat tanamanmu sehingga menjadi layu.

Cara Merawat Tanaman Hias
pexels

Gak usah bingung dalam merawat tanaman hias yang benar, karena saya sudah menyiapkan beberapa cara efektif merawat tanaman hias agar tumbuh subur dan anti layu.

7 cara merawat tanaman hias agar tumbuh subur tidak mudah layu

1. Siramlah tanaman hias dengan tepat

Cara yang pertama dalam merawat tanaman hias adalah melakukan penyiraman secara tepat. Dalam langkah ini, kamu perlu mengenal tanamanmu terlebih dahulu supaya kamu tau kebutuhan air yang diperlukan tanamanmu. Apabila kamu menyiram tanamanmu di bawah kebutuhan, maka tanamanmu akan mengalami kekeringan bahkan sampai mati. Dan sebaliknya, apabila kamu menyiram terlalu banyak air maka yang terjadi akar tanamanmu akan membusuk.

Nah, waktu penyiraman lakukan di malam dan pagi hari supaya tanamanmu memiliki suplai air yang cukup. Pastikan menyiram air ke tanaman secara merata supaya dapat tumbuh dengan baik. Pastikan tidak ada genangan air di tanamanmu supaya jalur oksigen tanamanmu tidak terhalang. 

2. Beri tanaman hias sinar matahari yang cukup

Kamu juga perlu mengetahui kebutuhan sinar matahari untuk tanaman hiasmu. Pada umumnya, tanaman perlu terkena sinar matahari selama 3-4 jam untuk tanaman hias. Sedangkan untuk tanaman sukulen, pakis atau kaktus, hanya membutuhkan sinar matahari selama 2 jam saja. 

3. Mengatur suhu dan kelembapan

Supaya tanaman hias tidak mudah layu dengan memastikan tanaman yang kamu rawat apakah bisa tumbuh di suhu lingkungan tempat kamu tinggal. Oleh sebab itu, apabila kamu tinggal di daerah pesisir, hindari menanam tanaman subtropis, begitupun sebaliknya. Untuk kelembapan udaranya, kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan humidifier supaya kebutuhan kelembapan tanamanmu dapat terjaga.

4. Pastikan bebas dari hama dan penyakit

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan supaya tanamanmu terhindar dari hama dan penyakit. Caranya adalah dengan menjaga kualitas tanah, memberikan nutrisi yang cukup pada tanaman, merotasi tanaman dengan rutin, lokasi tanaman yang optimal, jangan lupa juga membersihkan rumput liar yang berada di sekitar tanamanmu.

5. Potonglah tanaman hias yang kering dan mati

Jarang diketahui pemilik tanaman hias yang masih pemula. Apabila kamu melihat ada bagian tanamanmu yang kering atau rusak, segera pisahkan dan buanglah bagian yang rusak tersebut, supaya tanaman yang sehat tidak ikut terkena penyakit dan tidak mudah layu. Karena bagian tanaman yang rusak bisa menyebabkan kerusakan ke bagian tanaman yang masih sehat. Maka dari itu, segera potong bagian tanaman yang rusak supaya tidak menganggu bagian tanaman yang sehat lainnya.

6. Hindari penggunaan pupuk kimia

Supaya tanaman hias dapat tumbuh subur adalah dengan menggunakan pupuk yang alami. Hindari penggunaan pupuk kimia, Kamu dapat menggunakan kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, atau pupuk daur ulang untuk tanamanmu supaya tanaman tidak mudah layu. Berilah pupuk alami secukupnya saja, karena jika terlalu over juga bisa menyebabkan tanamanmu kering atau layu.

7. Memberi nutrisi pada tanaman hias

Ada pun beberapa nutrisi yang penting bagi tumbuhan. Nutrisi tersebut adalah nitrogen, potasium, fosfor, magnesium, sulfur dan kalsium. Kandungan nutrisi tersebut secara lengkap terdapat di tanah. Tetapi seiring berjalannya waktu, nutrisi tersebut akan habis juga. Maka dari itu, kamu dapat memberikan nutrisi yang penting ini secara terpisah atau dengan cara praktis, yaitu mengganti tanah. 

Itulah 7 tips cara merawat tanaman hias agar tumbuh subur dan tidak layu. Cobalah mulai merawat tanaman hias dengan menggunakan cara ini ya.

Posting Komentar untuk "7 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur dan Tidak Layu"