Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Arsitektur Yang Selalu Terserap Industri Manufaktur

Beberapa prospek kerja arsitektur ini setidaknya akan membantah tanggapan banyak orang bahwa lulusan dari jurusan tersebut sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Alumni dari program studi arsitektur pada dasarnya tidak hanya berprofesi sebagai arsitek saja, karena ruang lingkupnya cukup luas.

Beberapa Prospek Kerja Arsitektur yang Wajib Anda Ketahui

Program studi arsitektur merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang desain serta rancangan pada suatu konstruksi bangunan. Secara umum, arsitektur bertugas menuangkan sebuah ide mengenai konsep mendetail diatas. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Arsitektur
Ilustrasi arsitektur (pexels.com)

1. Bekerja di Perusahaan Kontraktor

Salah satu prospek kerja yang sangat dekat dengan para alumni program studi arsitektur adalah bekerja di perusahaan yang bergerak di sektor kontraktor. Bersama para lulusan teknik sipil, meraka membuat proyek-proyek pembangunan yang luar biasa. Tugas utama dari pekerjaan ini yaitu membuat sebuah perencanaan serta rancangan terkait kegiatan suatu pembangunan secara detail.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengambil divisi sebagai penanggung jawab atas berlangsungnya semua proses pembangunan. Mulai dari mengawasi tahap perencanaan, rancangan, desain hingga bangunan diselesaikan. Selain itu, tugas lainnya adalah menentukan penggunaan materialnya.

2. Berprofesi Sebagai Quantity Surveyor

Peluang kerja berikutnya yang mungkin bisa Anda ambil setelah menyelesaikan pendidikan program studi arsitektur ialah menjadi Quantity Surveyor atau QS. Tugas dari divisi ini adalah mencari tahu mengenai bahan serta material yang akan digunakan untuk sebuah bangunan kepada pihak arsitek.

Quantity Surveyor akan berdiskusi langsung dengan arsitek guna memberikan sebuah saran mengenai Efektifitas penggunaan material. Hal tersebut tidak hanya berguna untuk menemukan bahan berkualitas saja, tapi juga mengatur agar proyek pembangunan sesuai dengan anggaran yang ada.

3. Inspektur Bangunan Bersejarah

Prospek kerja arsitektur berikutnya akan sangat cocok untuk Anda yang menyukai tentang sejarah, salah satunya mengenai konstruksinya. Berprofesi sebagai inspektur banguna bersejarah merupakan suatu pekerjaan yang sangat menyenangkan karena bisa bekerja sambil pergi ke banyak tempat.

Tugas dari seorang inspektur bangunan bersejarah adalah berkeliling dan mengunjunginya tempat atau situs sejarah terutama mengenai konstruksinya. Hal tersebut memiliki tujuan untuk melakukan observasi serta mempromosikan dan melestarikan bangunan agar nilainya tetap terjaga utuh.

4. Berprofesi Sebagai Surveyor Bangunan

Jika alasan Anda memilih program studi arsitektur dikarenakan kecintaan terhadap dunia desain, maka profesi yang sangat cocok untuk diambil setelah menyelesaikan pendidikan adalah surveyor bangunan. Pasalnya, tugas pekerjaan ini adalah meneliti dan melakukan pembaruan terhadap berbagai bangunan.

Dengan begitu, ilmu desain selama duduk dibangku kuliah akan sangat terpakai dibidang ini. Tugas utama dari seorang surveyor bangunan adalah merenovasi, memodifikasi hingga memulihkan suatu bangunan. Bukan hanya dikarenakan kerusakan, tapi juga agar terlihat menjadi lebih menarik lagi.

5. Menjadi Konsultan Konstruksi Dan Pembangunan

Menjadi konsultan di bidang konstruksi dan pembangunan menjadi sangat mungkin bagi Anda karena spesifikasi yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Berkat semua ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama menemukan pendidikan program studi arsitektur, mampu menjadi bekal untuk profesi ini.

Seorang konsultan konstruksi dan pembangunan memiliki tugas yaitu memberikan masukan serta solusi terhadap berbagai macam permasalahan bangunan. Mulai dari tahap perencanaan, pemilihan bahan material yang efektif hingga rekomendasi desain. Salah satu fungsinya yaitu menekan anggaran.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja arsitektur. Jika Anda merupakan salah satu lulusan dari program studi tersebut, tak perlu khawatir mengenai peluang pekerjaannya. Pasalnya, penjelasan diatas hanya sebagian kecil dari profesi lainnya setelah Anda menyelesaikan pendidikan.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Arsitektur Yang Selalu Terserap Industri Manufaktur"