Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Komunikasi dan Penyiaran Islam

Mungkin masih banyak yang berpikir dan bingung mengenai prospek kerja komunikasi dan penyiaran Islam. Hal tersebut jugalah yang membuat program studi satu ini tidak sepopuler jurusan lainnya. Namun faktanya, pemikiran tersebut sangatlah salah, karena ada banyak bidang yang bisa digeluti.

Beberapa Prospek Kerja Komunikasi dan Penyiaran Islam

Program studi komunikasi dan penyiaran Islam merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang ilmu komunikasi sama seperti lainnya. Mulai dari siaran, retorika hingga pers adalah fokus utamanya, hanya saja untuk jurusan ini berdasarkan ketentuan Islam. Berikut prospek kerjanya.

Beberapa Prospek Kerja Komunikasi dan Penyiaran Islam

1. Mubaligh / Da’i

Jika Anda tertarik dengan bidang public speaking, maka setelah menyelesaikan pendidikan kuliah program studi komunikasi dan penyiaran Islam bisa berprofesi sebagai penceramah. Bidang ini sangat dekat dengan para alumni jurusan tersebut karena semua ilmu selama kuliah akan terpakai.

Menjadi seorang mubaligh ataupun da’i sangat mengandalkan memang menuntut Anda harus paham tentang ajaran agama Islam secara benar. Namun terlepas dari itu, kemampuan lainnya adalah ilmu komunikasi agar apa yang disampaikan bisa dicerna serta diterima dengan mudah oleh pendengar.

2. Public Relations

Pada umumnya, berprofesi sebagai Public Relations memang sudah menjadi bagian dari para alumni program studi ilmu komunikasi, termasuk penyiaran Islam. Pasalnya, dalam bidang ini sangat dibutuhkan sosok yang memiliki kemampuan dalam berkomunikasi serta membangun suatu hubungan.

Tugas utama dari seorang public relations adalah menyampaikan atau mewakili sebuah aspirasi dari suatu perusahaan, instansi maupun individual. Selain itu, Anda juga akan dituntut untuk mampu membangun hubungan kepada pihak yang ditujukan dan alumni jurusan KPI sangat diunggulkan

3. Wartawan

Prospek kerja komunikasi dan penyiaran Islam berikutnya adalah berprofesi sebagai wartawan. Bidang ini mungkin tidak asing lagi serta sudah mengetahui apa saja tugas utamanya. Sebagai lulusan KPI Anda akan menjadi seorang jurnalis yang berfokus pada berbagai berita yang berkaitan dengan Islam.

Saat ini, sudah banyak perusahaan besar ataupun suatu lembaga terutama sektor penyiaran yang bergerak dalam bidang berita Islam. Sebagai lulusan dari program studi komunikasi dan penyiaran Islam sangat mungkin untuk Anda masuk dan menjadi seorang wartawan di perusahaan tersebut.

4. Penyiar Televisi dan Radio

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan terhadap dunia broadcasting, maka profesi satu ini sangatlah cocok. Setelah menyelesaikan pendidikan dari program studi komunikasi dan penyiaran Islam, maka para alumninya memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penyiar di stasiun televisi atau radio.

Disini tugas Anda bukan sebagai wartawan melainkan membacakan sebuah berita yang mungkin dengan segmen keagamaan atau keterkaitan pada agama Islam. Hal tersebut dikarenakan agar menyesuaikan antara apa pekerjaan dengan bekal ilmu selama menempuh pendidikan kuliah.

5. Pemandu Acara atau Master Of Ceremony (MC)

Jika Anda suka tampil dalam sebuah acara maka menjadi pemandu acara atau master of ceremony (MC). Profesi tersebut tidak menutup kemungkinan dapat digeluti oleh para alumni program studi komunikasi dan penyiaran Islam berkat kemampuannya dalam berkomunikasi.

Selain itu, hal menarik dari bidang ini adalah Anda bisa menjadi profesi pemandu acara atau master of ceremony sebagai pekerjaan sampingan guna menambah penghasilan. Hal tersebut dikarenakan, jadwal kerjanya yang cukup fleksibel. Alhasil tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja komunikasi dan penyiaran Islam. Semoga penjelasan tentang peluang pekerjaan dari program studi tersebut membuat Anda tidak khawatir lagi ketika menentukan pilihan terhadap jurusan KPI.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Komunikasi dan Penyiaran Islam"